Hijaukan Hutan Kota. BPBD Boltim Peringati Hari Kesiapsiagaan Nasional

0
20
Tanam pohon yang dipimpin Assisten II Boltim Sonny Waroka didampingi Kepala DLH Boltim

Lensa.news,Boltim—Bertempat di hutan kota di Desa Tutuyan Kecamatan Tutuyan. Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bolang Mongondow Timur (Boltim), oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) gelar Sosialisasi Penanggulangan bencana secara dini, pada rangkaian Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional, Kamis (25/04/2019) siang tadi.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Boltim, Ir Muhammad Assegaf itu, diikuti oleh ratusan siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan juga Siswa-i Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sejumlah sekolah.

Tampak Sekda Boltim, saat membuka dan memberikan sambutan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional, Kamis tadi

Pada kesempatannya, Sekda Assegaf dalam sambutannya menekankan agar kegiatan tersebut dilakukan dengan dengan mengutamakan edukasi kepada seluruh siswa-siswi sebagai generasi penerus masa depan bangsa. “Jadi kepada Siswa yang sudah mengikuti Ujian, agar menaman pohon sebelum menerima Ijasahnya. 10 pohon dari satu siswa yang lulus, itu sudah menyelamatkan bumi kita. Karena pohon adalah paru-paru bumi,” tegas Sekda menambahkan bawa hal itu berlaku pula kepada pasangan yang akan menikah, agar menanam pohon sebelum melakukan pengajuan untuk mendaftarkan diri, baik di Dinas Catatan sipil dan juga Kantor Urusan Agama (KUA). “Nanti akan saya perintahkan Disdukcapil dan minta KUA seluruh Boltim, agar meminta bukti penanaman. Silahkan tanam di kebun atau rumah masing-masing,” katanya.

Untuk itu, Sekda berharap agar kegiatan yang dilakukan dengan baik ini, tidak sekedar terkesan bagi-bagi kaos dan tanam pohon. Lebih dari itu, bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya bencana alam di lingkungan Kabupaten Boltim. “Giat ini sudah baik, semoga dapat menambah wawasan kita semua terkait akibat, dampak dan penanggulangan bencana secara dini,” tambahnya.

Setelah agenda nasional itu dibuka secara resmi oleh Sekda Assegaf. BPBD Boltim langsung mengarahkan agar sosialisasi langsung di lakukan. Termasuk sosialisasi mitigasi terkait bencana yang dibawakan oleh pemateri yakni Kepala Basarnas Kotamibagu, Bapak Rusmadi. Selanjutnya dilanjutkankan dengan penanaman dua jenis bibit pohon yakni Mahoni dan Kenari, yang dipimpin oleh Assisten 2 Sonny Waroka, diikuti sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan disaksikan bersama seluruh Siswa-siswi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Basarnas Kotamobagu Rusmadi, Kepala Dinas (Kadis) Capil Rusmin Mokoagow, Kadis Kesehatan Eko Marsidi, Kadis Perikanan Erna Mokodongan, Kadis Pora Saprudin Mokoagow, Kepala DLH Boltim Tawil, serta ratusan siswa/siswi SMA, SMK, SMP dan masyarakat. (mg4).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.