Disdikbud Boltim Prioritaskan SDM dan Kebudayaan

0
16
Kepala Disdikbud Boltim. Yusril Damopolii

Lensa.News,BOLTIM – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan kultur budaya dan bahasa menjadi prioritas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) di tahun 2019.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Disdikbud Boltim, Yusri Damopolii. Dikatakannya, meningkatkan SDM dan Kebudayaan sangat penting guna meningkatkan kualitas pelajar di Kabupaten Boltim.

“Peningkatan SDM dan Kebudayaan sangat penting. Pun. upaya ini juga dimaksudkan untuk membentuk karakter pelajar yang memiliki moral dan etika. Jadi setiap pelajar di Boltim tak hanya pintar tapi punya etika dan moral yang baik,” kata Yusri.

Lanjutnya, peningkatan budaya nanti akan diterapkan melalui metode pengenalan kembali tentang bahasa kaidah, seni budaya senior di setiap sekolah di Boltim.

“Akan diberlakukannya kembali bidang studi lokal yang akan disesuaikan dengan negara. Untuk bidang studi mulok akan menjurus pada penguasaan bahasa daerah. Kita melihat kultur bahasa tentang kaidah bahasanya sendiri,” ujarnya.

Ringkatkan kemampuan SDM di Boltim lanjutnya, lebih tinggi. Untuk itu tahun ini kata dia, akan diberlakukan penguatan tenaga pengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disetiap sekolah.

“Saya yakin program ini akan jalan maksimal sebab guru baik SD, SMP yang naik 582 ditambah 172 tenaga pengajar hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 semuanya berkualitas,” jelasnya.

(Tri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.