Peluang Usaha Kerajinan Tangan Manjanjikan

0
18

Peluang Usaha Kerajinan Tangan Manjanjikan

Lensa.News, KOTAMOBAGU- Produk Kerajinan tangan masih terbilang cukup menarik bagi kalangan masyarakat Kotamobagu. Banyak pedagang mulai ramai dan melirik usaha kerajinan tersebut untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Salah satunya, Elvira Neliputong (52), Warga Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Timur yang menampung beragam bentuk kerajian tangan mulai dari Tampa, Tutup saji hingga Kursi yang terbuat dari rotan terpampang menghiasi lapak depan rumahnya di Jln. Diponegoro Kelurahan Biga Kotamobagu Timur.

Menurut Perempuan Dua Anak ini, kerajinan yang Ia lakoni ini sudah berdiri sejak 30 tahun lamanya. Beragam kerajinan produk Kotamobagu juga dia jual di lapaknya.

“Sejak 30 tahun lalu saya sudah menjual kerajiqan tangan ini, ada berbagai bentuk mulai dari Tampa, Tutup saji hingga kursi tradisional yang terbual dari kayu rotan dan lainnya semua tersedia disini,” kata Mama Kiki panggilan sehari-harinya.

Ia menuturkan, , produk kerajianan tersebut sudah masuk dalam pasaran luar Kotamobagu. “Di Kotamobagu hanya ada disini satu-satunya kerajinan yang dijual, sehingga dari luar kotamobagu pun berbondong-bondong datang membeli disini, apalagi menjelang lebaran banyak permintaan,” tuturnya

Dari hasil penjualannya, dia mampu menyekolahkan anak-anaknya meski sejak lama mendiang suaminya meninggal dunia.

“Harganya mulai dari 10 ribu rupiah hingga Enam Juta rupiah. Perbulannya bisa menghasilkan 3 hingga 5 juta rupiah. Yah, Alhamdulillah dari hasil penjualan ini, saya bisa menyekolahkan kedea anak saya ke Perguruan tinggi meski lama sudah suami saya meninggal,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty mengatakan, pemerintah terus mendorong produk-produk unggulan yang ada di Kotamobagu sebagai salah satu Icon kotamobagu. Menurutnya, hal tersebut dapat menyedot wisatawan Lokal maupun luar kotamobagu untuk berkunjung ke kotamobagu.

“Tentu ini juga harus kita dorong sebagai bentuk kreativitas warga kotamobagu. Dengan adanya produk-produk seperti ini pastinya mampu menyedot wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.