Disdukcapil Minta Seluruh Kepala Sekolah Bantu Penuhi Target KIA

0
5
Peraturan Wali Kota Kotamobagu Nomor:22 Tahun 2017 (Perwako No:22/2017) Tentang Penerbitan Akta Kematian Cepat dan Tepat Waktu untuk warga Kotamobagu diterbitkan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu,Virgina Olii.

Lensa.News, KOTAMOBAGU —Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu, Virginia Olii berharap seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dari Taman Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kotamobagu, dapat membantu memenuhi target pemerintah dalam menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurutnya, hal ini sebagai tindak lanjut masih banyaknya anak usia 5 hingga 17 tahun yang duduk dibangku sekolah belum memiliki KIA. Sehingga dinilai perlu adanya peran Kepala Sekolah dalam perekaman.

“Dari 33, 318 Anak di Kotamobagu, masih sebanyak 22.102 anak yang belum memiliki KIA. Dari jumlah itu 90 persen masih duduk di bangku sekolah. Nah, itu yang kami minta agar Kepsek dan guru terus membantu pencapaian ini,” ujar Virginia beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, fungsi kepemilikan KIA sendiri sangat penting, karena ada berbagai hak dan layanan yang akan diperoleh oleh anak itu sendiri.

“Dengan adanya KIA ini, segala pemenuhan hak anak akan terpenuhi, selain itu juga menjamin akses sarana umum. Bahkan, hingga mencegah bila sewaktu-waktu terjadinya kasus pencurian anak.

Dirinya menambahkan, untuk memenuhi target, kedepan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pihak sekolah.

“Nantinya kita akan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah melalui penerapan syarat untuk masuk sekolah harus ada KIA. Khususnya anak usia 5 hingga 17 tahun,” pungkasnya.

(Ikbal) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.