Irup Peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulut, Wabup Rusdi Bacakan Sambutan Gubernur

0
15

Lensa.News,BOLTIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (23/9/2019) di depan kantor Bupati Boltim.

Wakil Bupati Boltim, Rusdi Gumalangit menjadi inspektur upacara HUT ke-55 Provinsi Sulut. Pun, upacar  dihadiri unsur Forkopimda, Pimpinan SKPD, Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta Seluruh ASN Boltim.

Pada Kesempatan itu, Wabup Drs. Rusdi Gumalangit membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dalam memaknai peringatan HUT ke-55 Sulut sebagai momentum untuk melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu.”Tepat hari ini Provinsi Sulawesi Utara genap berusia 55 tahun  tentunya disamping rasa syukur yang patut kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita diharuskan mampu memaknai peringatan hari ulang tahun ini sebagai momentum refkeksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu, dan apa yang telah kita upayakan dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk membawa daerah ini semakin maju, semakin berkembang,dan semakin sejahtera.Semoga di usia 55 tahun Provinsi Sulut, persatuan dan kebersamaan kita dalam membangun bangsa dan daerah akan tetap terjaga,” tutur Wabup.

Dihadapan seluruh peserta upacara, Rusdi Gumalangit menyampaikan sambutan Gubernur terkait dengan capaian-capaian program pembangunan di Sulut dalam menghadapi era persaingan global.”Menghadapi era persaingan global, kita berhasil mewujud nyatakan sejumlah program pembangunan yang progresnya bisa dilihat dari capaian makro pembangunan daerah Sulawesi Utara seperti nampak antara lain pada:

1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat dalam 3 tahun terakhir, 71,05 di tahun 2016, menjadi 71,66 pada tahun 2017, dan mencapai angka 72,2 pada tahun 2018.
2. Pertumbuhan ekonomi Sulut yang selalu berada pada angka diatas 6% atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5%.
3.Inflasi daerah yang senantiasa terkendali, dimana dengan kemampuan kita menekan inflasi hingga berada pada angka 3,83 %, di tahun 2018 menjadikan Sulut sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia, dalam hal pengendalian inflasi daerah, diproyeksikan inflasi daerah pada tahun 2019 akan berada pada angka 3,60%.
4.GINI Ratio masyarakat Sulut yang selalu berada di level 0,3.
5.Persentase penduduk miskin Sulut yang selalu berada di bawah rata-rata angka kemiskinan nasional.Tercatat angka kemiskinan Sulut pada tahun 2018 sebesar 7,66%, dimana angka ini masih menjadikan Sulut sebagai daerah dengan persentase penduduk miskin terendah di wilayah Provinsi.
6.Angka pengangguran Sulut yang pada Agustus 2018 sebesar 6,86%, turun 0,32 poin dalam setahun terakhir.” Sebut Rusdi Gumalangit.

Selain perkembangan makro pembangunan daerah, masih banyak kesuksesan dan keberhasilan lainnya yang diraih dan ditorehkan dalam setahun terkahir, kata Wabup dalam menyampaikan sambutan Olly Dondokambey.”Kurun waktu setahun terakhir ini, termasuk kesuksesan kita menyelenggarakan Pemilu Presiden dan Wakil Preaiden serta anggota legislatif pada 17 April 2019 hingga berjalan aman, lancar, dan damai. Kesuksesan kita menjadi tuan rumah dalam berbagai agenda strategis berskala nasional.Serta keberhasilan kitaenyikapi isu-isu aktual di daerah ini seperti kebakaran hutan dan pencemaran lingkungan,” kata Wabup Boltim.

(Adve)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.