Mencegah Penyalahgunaan Senpi, Wakapolres Kotamobagu Lakukan Pemeriksaan

0
10
Wakapolres Kotamobagu Kompol Effendy Tubagus S.Sos di Dampingi Kasi Propam Iptu Mohamad Hasanudin saat melakukan pemeriksaan Senpi

Lensa.News,KOTAMOBAGU — Wakapolres Kotamobagu Kompol Hi. Effendy Tubagus, S.Sos, Msi siang tadi melakukan pemeriksaan rutin senjata api seluruh anggota Polres Kotamobagu. Jumat (20/9)

Pengecekan adalah bagian dari pengawasan secara internal, tak hanya senpi anggota polres, 21 polsek jajaran juga dilaksanakan pemeriksaan yang dicek langsung oleh Wakapolres Kotamobagu minggu kemarin.

“Ini adalah bagian dari pengawasan yamg rutin dilakukan, tidak hanya di Polres, seluruh senpi Anggota Polsek jajaran juga diperiksa”tutur Waka.

Saat di konfermasi oleh Lensa.News melalui jejaring sosial via messenger, Kompol Effendi Tubagus juga menjelaskan untuk pemeriksaan ini meliputi tahapan pengecekan satu-persatu fisik, kebersihan dan amunisi senjata api mulai dari laras pendek jenis revolfer, laras pendek jenis HS, sampai laras panjang jenis V2 inventaris Polres kotamobagu agar dapat dipastikan kelayakan senpi yang digunakan untuk pelaksanaan tugas Polri dilapangan.

“Untuk pemeriksaan kita mengecek fisik, kebersihan, hingga amunisi. Jenis nya berbagai macam laras pendek maupun laras panjang semua diperiksa” jelas Kompol Effendi saat dikonfirmasi via messenger.

Selain pengecekan secara fisik, Wakapolres yang didampingi Kasi Propam Polres Kotamobagu Iptu Mohammad Hasanuddin juga memeriksa kelengkapan dokumen administrasi pinjam pakai senpi mulai dari kartu tes psikologi dan kartu ijin pemegang senpi, kemudian melakukan pemutakhiran data personil yang memegang senjata api sebagai pengawasan dan pengendalian (Wasdal) pimpinan Polres Kotamobagu untuk mencegah penyalah gunaan senjata api oleh personil.

“Selain mengecek kelayakan fisik, pihak kami juga mengecek kelengkapan administrasi pinjam pakai senpi” tambahnya.

Diketahui bahwa pemeriksaan senpi masih akan dilaksanakan sampai besok di halaman Polres Kotamobagu.

(Ikbal) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.