Tim Kota Sehat Provinsi Tinjau Kotamobagu

0
4

Lensa.News, KOTAMOBAGU — Tim Pembinaan dan Penilaian Kabupaten dan Kota Sehat 2019 dari Provinsi, mengunjungi Kotamobagu dalam rangka Kotamobagu Kota Sehat menuju Swastisaba Wiwerda, Selasa (08/10).

Ketua Tim Dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Aris Munandar, mengatakan dalam kunjungi ini akan mengindentifikasi komitmen Kepala Daerah terkait program Pemerintah Daerah dalam Kota Sehat dan di Kotamobagu ada empat tatanan yang akan kami lihat secara langsung.

“Dalam empat tatanan yakni industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri dan permukiman dan sarana prasana umum,” ujar Aris.

Dari empat tatanan ada sekitar 160 indikator yang akan dilihat, termasuk bagaimana kadar udara yang sehat, bagaimana lingkungan yang sehat, bagaimana rumah yang sehat dan bagaimana transportasi yang sehat.

“Sehingga tujuan kami melakukan kunjungan lapangan memastikan apakah dokumen itu benar adanya, dan pada saat kami melihat paparan tadi oleh Ketua Tim Pembina Kabupaten ternyata ada konsistensi dan komitmen Kepala Daerah dari empat tatanan tersebut,” ungkapnya.

Hasil dari kunjungan ini nantinya akan diserahkan ke pleno, “karena keputusan ada di tim pleno, dan tim pleno ada beberapa Kementerian termasuk Bappenas, Kementrian Kesehatan, Kementrian Dalam Negeri, dan ada beberapa tim khususnya dari Kemenkes dan Kemendagri,” jelasnya.

Sementara, Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, berharap kunjungan dari Tim Penilai nantinya ada masukan dan petujuk kepada Pemerintah Daerah untuk dijadikan pedoman perubahan yang lebih baik. “Kami selalu optimis bahwa Kotamobagu Kota Sehat dan bersih dibandingkan dengan daerah yang lain,” pungkasnya.

(Ikbal) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.