Musim Kemarau, BPBD Boltim Himbau Masyarakat Jaga Hutan dari Kebakaran

0
19
Pembakaran Lahan di Boltim

Lensa.News,BOLTIM — Kondisi cuaca di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) beberapa hari ini sangat cerah, dengan bertiupnya angin dari arah selatan yang berkecepatan 20 hingga 40 KM/jam.

Namun, musim kemarau bukan berarti aman dari bahaya akan bencana. Sebab, jika terjadi kemarau panjang, potensi adanya bencana seperti kebakaran hutan rentan terjadi.

Pasalnya, dengan kemarau yang panjang, rumput serta dedaunan bisa mengering. Sehingga, api sekecil apapun yang mengenai rumput dan dedaunan yang kering bisa memicu terjadinya kebakaran lahan atau hutan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau kepada masyarakat Boltim, khusunya yang sedang menjalankan aktivitas di perkebunan untuk tidak sembarang membuang sisa-sisa puntung rokok.

“Hindari buang puntung rokok sembarangan. Karena sisa-sisa bara yang ada di puntung rokok itu lebih cepat menimbulkan api. Terutama membuang di lahan-lahan yang mudah terbakar,” kata Kepala BPBD Boltim, Elvis Siagian, Selasa (13/8/2019).

Elvis juga mengingatkan, agar masyarakat yang membakar sesuatu di perkebunan, agar kiranya menunggu api hingga padam total, kemudian ditinggalkan. “Jangan membiarkan api sebelum padam, karena dengan cuaca yang berangin seperti ini, kobaran api bisa cepat membesar dan menjalar, sehingga bisa terjadinya kebakaran,” tukas Elvis.

(Tri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.