Pasca Launching Program Kinalang, Diskominfo Berikan Bimtek Untuk Admin

0
15

Lensa.News, KOTAMOBAGU – Sebelum launching program Kinalang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang tata kelola pelayanan pengaduan melalui Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (Kinalang), bagi admin perangkat daerah di lingkungan Pemkot Kotamobagu, yang bertempat di ruang rapat Kepala Diskominfo Kotamobagu. Rabu (04/12).

Kepala Bidang (Kabid) Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP) Diskominfo Kotamobagu, M. Fahri Damopolii, S.Kom, mengatakan, pelaksanaan Bimtek Kinalang atau Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan Pemkot Kotamobagu ini melibatkan seluruh perangkat daerah, jadi admin operator di perangkat daerah diberikan Bimtek.

“Jadi perangkat daerah atau OPD itu masuk dalam tim pengelola Kinalang, sehingga harus sama-sama bekerjasama saling berkoordinasi untuk menangani berbagai persoalan permasalahaan atau keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, sehingga perlu mengundang admin perangkat daerah untuk dilatih secara teknis bagaimana pengelolaan Kinalang ditingkatan perangkat daerah,” jelas Fahri.

Menurutnya, karena ini sudah berbicara teknis, tentu kita sudah bicara bagimana prosesnya, alurnya seperti apa, kemudian proses penanganan keluhannya seperti apa, hingga bagaimana di SKPD merespon itu dalam memberikan jawaban serta tanggapan terhadap berbagi keluhan yang masuk ke SKPD masing-masing.

“Hari ini ada 22 SKPD yang kami bagi per kategori, untuk bagaimana penyelesaian penanganan keluhan pengaduan itu kami bagi SKPD yang ada di lingkup Pemkot Kotamobagu per kategori. Nah, yang sekarang di dalam itu yakni 11 admin OPD dari kategori pendidikan, kesehatan, perencanaan daerah, infrastruktur, dan pengelola keuangan,” ungkapnya.

Untuk laucing Kinalang, Fahri mengatakan jika tidak ada halangan, sesuai perencanaan kita hari Jumat atau paling lama itu hari Senin. “Nah, kenapa kita laksanakan Bimtek ini, untuk mempersiapkan semua admin di perangkat daerah sudah stand by dan paham alur kerjanya seperti apa, sehingga saat launching nanti para admin ditingkatan perangkat daerah sudah mulai bisa bekerja,” terangnya.

Diketahui, pelaksanaan Bimtek tata kelola Kinalang bagi admin disetiap SKPD lingkup Pemkot Kotamobagu tersebut, dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 4 sampai 5 Desember 2019.(*)

(Iqh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.