Shopee Liga 1: “Reijen” Kandang Baru, Persipura Taklukan PSIS, Persib Tempel MU

0
36
Persipura saat menjamu PSIS di Stadion Klabat. (Foto: Istimewa)

Lensa. News, KOTAMOBAGU — Bermain perdana di kandang baru di Stadion Klabat, Manado, Persipura Jayapura sukses menaklukkan PSIS Semarang 2-0. Kedua gol klub berjuluk Mutiara Hitam ini dihasilkan kapten Boas “Boci” Salossa dan Lukas Mandowen, dalam pertandingan yang disaksikan sekitar 10.000 penonton, Minggu (1/3) petang.

Kandang utama Persipura sebetulnya adalah Stadion Papua Bangkit di Jayapura. Namun stadion berkapasitas 40.000 penonton ini sementara disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun ini.

Manado pun bak rumah kedua, sebab secara sosial kultural banyak persamaan antara orang Sulut dan Papua. Pula banyak mahasiswa Papua yang kuliah di Manado dan Tondano. Hubungan itu diperkuat oleh adanya dua pemain Sulut di klub yang dilatih Jacksen Thiago Ferreira ini, keduanya kiper, Gerri Mandagi (Tomohon) dan Mario Fabio Londok (Kotamobagu). Sebelumnya Jendry Pitoy beberapa musim mengawal gawang tim berseragam khas merah-hitam.

Pada pertandingan lain, Persija Jakarta yang menjamu Borneo FC Samarinda memaksimalkan partai kandang. Dalam pertandingan yang disaksikan sekira 50.000 penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Macan Kemayoran berhasil menerkan Pesut Etam (julukan Borneo) 3-2. Ketiga gol dihasilkan Osvaldo Haay, Marko Simic, dan Evan Dimas, yang dibalas Francisco Torres dan bunuh diri Ryuji Utomo.

Rival abadi Persija, Persib Bandung juga memetik kemenangan atas Persela Lamongan 3-0, dengan gol Geoffrey Castillion dan brace Wander Luiz. Adapun PSM Makassar berhasil membuat PSS Sleman pulang dengan tangan hampa. Gol free kick Ferdinan Sinaga dan El Dor hanya mampu dibalas penalti Yehven Baha.

Dengan hasil ini, Persib menempel Madura United (MU) dipuncak klasemen sementara. Bersama Persipura, Persija, dan PSM, kelimanya mendulang 3 poin, namun dipisahkan selisih gol. Juara bertahan Bali United masih memainkan pertandingan lawan klub promosi Persita Tangerang.

BACA JUGA: Shopee Liga 1: Resmi Bergulir, Mokodompit Cs. Diimbangi Juara Liga 2

Sementara, dua pemain depan Brasil, yakni Alberto Goncalves, striker timnas naturalisasi dan Wander Luiz bertengger sementara di puncak top scorer dengan dua gol.

(#/Chag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.